Header Ads

Daihatsu All New Terios 2019 - Spesifikasi, Akselerasi, Top Speed, Konsumsi BBM dan Harga

AutoFlute | Mengulas Otomotif - Daihatsu resmi meluncurkan All New Daihatsu Terios pada akhir November tahun 2017. Model baru ini menggantikan model sebelumnya yang kurang lebih sudah berusia 11 tahun. Bagaimana perubahan dari Terios baru ini?

Daihatsu All New Terios 2019 benar-benar berubah dengan segala peningkatan kinerja fundamentalnya. Daihatsu Terios kini tampil dengan desain yang jauh berbeda dari generasi sebelumnya namun tetap mempertahankan konsep SUV serbaguna dengan kapasitas 7 penumpang. Namun perubahan yang dialami Daihatsu Terios ini justru membuatnya tidak lagi terlihat seperti SUV compact, melainkan seperti MPV yang ditinggikan dengan menggunakan velg 17 inci. Terlepas dari itu semua, desain yang diusung All New Daihatsu Terios ini cukup gagah, lebih futuristik dan enak dilihat.

All New Daihatsu Terios 2019

Ada banyak fitur yang dimiliki oleh mobil ini baik dari segi fitur eksterior, fitur interior maupun fitur keamanan. Berikut adalah beberapa fitur memanjakan yang ditawarkan oleh All New Daihatsu Terios 2019:


1. Hill-Start Assist (HSA)

Hill-Start Assist (HSA) atau ada juga yang menyebutnya sebagai Hill-Start Assist Control (HSC) merupakan sebuah fitur keamanan pada sistem pengereman yang dapat mempermudah Anda saat berada pada kondisi macet di medan tanjakan. Cara kerjanya adalah dengan mencegah atau menahan mobil mundur ke belakang sesaat setelah pedal rem dilepas. Sistem HSA akan bekerja selama 2-3 detik untuk memberikan kesempatan pada pengendara berpindah kaki dari pedal rem ke pedal gas tanpa harus kuatir mobil mundur ke belakang. Fitur ini tentunya sangat membantu terutama bagi para pengendara pemula saat macet ditanjakan. Dengan fitur HSA, ketika mobil berhenti ditanjakan dan akan melanjutkan perjalanan maka mobil akan tertahan beberapa saat sehingga tidak mundur saat berakselerasi.


 2. Vehicle Stability Control (VSC)

Vehicle Stability Control (VSC) merupakan salah satu fitur keselamatan yang sangat penting karena dapat mendeteksi dan mencegah tergelincirnya mobil saat dikendarai. Fitur ini terbukti sangat efektif dalam mengurangi resiko fatal dari kecelakaan tunggal dan fatal crash. Sehingga di beberapa negara di dunia telah mewajibkan fitur ini untuk disematkan pada setiap mobil. Fungsi utama dari VSC ini adalah untuk mencegah agar mobil tidak terguling saat kehilangan stabilitas, dan membantu memaksimalkan kestabilan kendaraan, terutama saat bermanuver di tikungan dalam kondisi jalanan licin. Cara kerja dari sistem VSC adalah ketika sistem menangkap adanya potensi Roll Over, misalnya ketika pengendara menikung dengan kecepatan terlalu tinggi atau ketika membanting setir dengan terlalu kasar, maka sistem akan otomatis mengaktifkan rem dan mengatur bukaan gas sesuai kebutuhan untuk membantu menjaga kontrol stabilitas mobil.


3. Anti-lock Brake System (ABS)

Sistem rem anti terkunci (Anti-Lock Brake System) merupakan sistem pengereman pada mobil untuk mencegah terjadinya penguncian roda ketika pengendara melakukan pengereman secara mendadak atau menekan pedal rem dengan terlalu keras. Pada kendaraan tanpa ABS, ketika terjadi pengereman keras maka semua roda akan terkunci sementara mobil masih melaju. Hal inilah yang membuat kendaraan menjadi kehilangan kendali sehingga rawan terjadi resiko slip yang fatal. Pengereman menggunakan ABS sangat membantu mengurangi kemungkinan slip, sehingga lebih aman saat melakukan pengereman mendadak di jalanan licin.

4. Electronic Brake Force Distribution (EBD)

Fitur ini hanya dijumpai pada mobil yang telah menggunakan fitur ABS. Hal ini dikarenakan EBD menggunakan komponen fisik yang sama dengan ABS. Namun tidak semua mobil yang menggunakan fitur ABS memiliki fitur EBD. Fungsi utama dari fitur EBD ini adalah untuk mengatur tekanan minyak rem di setiap roda, tergantung dari grip (cengkeraman) roda terhadap permukaan jalan. Fitur EBD akan sangat berguna saat kendaraan berada di jalan yang berkelok-kelok. Karena ketika kendaraan melaju saat menikung berakibat daya cengkeraman di tiap roda menjadi tidak sama. EBD akan memberikan performa pengereman yang maksimal dengan daya cengkraman di setiap roda.

5. Emergency Stop Signal (ESS)

Fitur ini akan mengaktifkan sinyal lampu hazard secara otomatis saat pengereman mendadak. Tujuannya tak lain adalah untuk memberi peringatan kepada pengendara di belakang agar memiliki kesiapan sehingga sigap dalam bersikap lantaran mobil di depannya sedang mengalami kondisi emergensi karena mengerem secara mendadak. Dan lampu sein akan berhenti berkedip ketika mobil kembali melaju ke depan.

6. Immobilizer & Alarm

Immobilizer merupakan sistem keamanan pada kunci mobil dimana mobil hanya mengijinkan kunci asli saja untuk menyalakan mesin. Sistem ini merupakan sistem enkripsi elektronik yang terdiri dari komponen transponder chip yang tertanam dalam kunci mobil. Sehingga mobil akan lebih terjamin keamanannya dari bahaya pencurian.

7. Remote Key

Desain kunci baru mengikuti tren masa kini.



Keseluruhan fitur terkini di atas tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang ingin meminang mobil dengan perawakan yang cukup gagah ini. Apalagi dengan adanya beragam pilihan warna menarik yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

pilihan warna all new daihatsu terios 2019
Pilihan warna All New Daihatsu Terios 2018-2019

PERFORMA

Berikut adalah data yang kami dapatkan dari beberapa sumber mengenai akselerasi, top speed dan konsumsi BBM All New Daihatsu Terios:
  • Akselerasi 0 - 100 km/jam: 13,5 detik (estimated)
  • Kecepatan maksimum / Top Speed: 165 km/jam (estimated)
  • Konsumsi BBM dalam kota: 11 km/liter (estimated)
  • Konsumsi BBM rute kombinasi: 12,5 km/liter (estimated)
  • Konsumsi BBM luar kota/Tol: 14 - 15 km/liter (estimated)

SPESIFIKASI TEKNIS

Mesin:

  • Type: 2NR VE - DOHC Dual VVTi 4-Cylinder Inline, 16 Valves
  • Kapasitas: 1496 cc
  • Diameter x Langkah: 72,5 x 90,6 mm
  • Tenaga maksimum: 104/6000 PS/rpm
  • Torsi maksimum: 13,9/4200 kgm/rpm
  • Sistem bahan bakar: Electronic Fuel Injection
  • Bahan bakar: Bensin tanpa timbal
  • Steering: Electronic Power Steering 
  • Transmisi: 5-Speed (M/T), 4-Speed (A/T)

Dimensi:

  • Panjang: 4435 mm
  • Lebar: 1695 mm
  • Tinggi: 1705 mm
  • Jarak poros roda: 2685 mm
  • Jarak pijak depan: 1450 mm
  • Jarak pijak belakang: 1450 mm
  • Kapasitas tangki bahan bakar: 45 liter
  • Radius Putar: 5,2 m 
  • Ground Clearance: 220 mm

Pengereman, Roda & Kaki-Kaki: 

  • Suspensi depan: MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer
  • Suspensi belakang: 5-Link Lateral Rod with Coil Spring and Stabilizer
  • Rem depan: 16" Disc
  • Rem belakang: Drum
  • Ukuran ban: 215 / 65 R16 (Seri X), 215 / 60 R17 (Seri R)
  • Velg: Velg Alloy 16" (Gun Metal, X Series), Velg Alloy 17" (Black Polished, R Series)

Keselamatan:

  • Sistem pengereman: ABS + EBD
  • 6 SRS Airbags
  • Secured Hill-Start Assist (HSA)
  • Emergency Brake Signal (EBS)
  • Parking Camera
  • Vehicle Stability Control System (VSC)
  • Sabuk pengaman depan dan belakang
  • Pengingat pemakaian sabuk pengaman
  • Child Safety Lock
  • Crash Sensor
  • Pelindung benturan depan dan samping
  • Pengingat pintu terbuka

HARGA

Harga OTR Daihatsu Terios 2019 mulai dari Rp197,3 Juta untuk varian paling bawah X M/T, sementara untuk varian tertinggi R A/T Deluxe dibanderol dengan harga Rp250 Juta.
  • Daihatsu Terios X M/T: Rp 197,3 Juta
  • Daihatsu Terios X M/T Deluxe: Rp 207,3 Juta
  • Daihatsu Terios X A/T Deluxe: Rp 217,3 Juta
  • Daihatsu Terios R M/T: Rp 230 Juta
  • Daihatsu Terios R M/T Deluxe: Rp 240 Juta
  • Daihatsu Terios R A/T: Rp 240 Juta
  • Daihatsu Terios R A/T Deluxe: Rp 250 Juta

Note :
  • Informasi spesifikasi dan Harga All New Daihatsu Terios yang kami sampaikan bisa berubah sewaktu-waktu
  • Harga di atas merupakan harga OTR Jakarta Selatan

No comments

Powered by Blogger.