Header Ads

Toyota New Avanza 2019 - Spesifikasi, Akselerasi, Top Speed, Konsumsi BBM dan Harga

Toyota New Avanza 2019
Toyota New Avanza 2019
AutoFlute | Mengulas Otomotif - Avanza merupakan salah satu mobil MPV yang sangat sukses di pasaran. Bahkan meskipun mulai banyak rival sekelasnya yang berusaha untuk menggoyahkan posisinya, mobil ini tetap menjadi primadona. Model yang cantik, mesin yang tangguh dan biaya perawatan yang murah menjadi nilai lebih bagi mobil ini. Bahkan hingga saat ini second hand mobil jenis ini masih memiliki harga yang tinggi.

EKSTERIOR

Toyota New Avanza 2019 kini mengalami perubahan pada beberapa bagian eksterior dan interiornya. Meskipun perubahannya tidak begitu signifikan, namun sepintas terlihat jelas. Perubahan paling mencolok ada pada bagian lampu depan dan belakang. Headlamp terlihat lebih menawan dan tampilan grill depan memberikan kesan lebih mewah. Dan pada avanza type terbaru ini juga telah dilengkapi dengan rear spoiler sehingga mobil tampak lebih sporty.

Tampak belakang Toyota New Avanza 2019
Tampak belakang Toyota New Avanza 2019

INTERIOR

Kemudian jika menilik ke bagian interiornya, maka akan kita jumpai beberapa panel dan fitur baru yang disematkan pada mobil ini. Pada bagian dashboard telah dilengkapi beberapa panel dengan layar multi fungsi. Sedangkan pada bagian speedometer telah dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan seperti fuel indicator, indikator lampu sein dan lampu utama, indicator ECO lamp dan sebagainya. Namun sayangnya, fitur Smart Key (start stop engine button) hanya tersedia pada varian Veloz saja.

Dashboard New Avanza 2019
Dashboard New Avanza 2019

KEAMANAN & KESELAMATAN

Keselamatan merupakan faktor penting ketika mengendarai sebuah mobil. Sehingga hal ini patut dijadikan pertimbangan prioritas ketika hendak meminang sebuah mobil. Toyota New Avanza 2019 juga telah dibekali dengan beragam fitur keselamatan yang cukup lengkap. Berikut fitur-fitur keselamatan yang tersedia pada new Avanza 2019:
  • Dual SRS Airbags
  • Rem ABS (Anti-Lock Braking System)
  • Child Safety Lock
  • Sabuk pengaman belakang
  • Crash sensor
  • Pelindung benturan depan dan samping
  • Pengingat pintu terbuka
  • Anti theft device
  • Alarm mobil
  • Engine Immobilizer
  • Bahkan terdapat pula fitur pengait kursi bayi (ISOFIX) sehingga mobil ini layak disebut sebagai mobil keluarga.

SPESIFIKASI & PERFORMA

Eksterior dan Interior selalu menjadi hal yang paling banyak dilihat dan dijadikan pertimbangan ketika hendak membeli sebuah mobil. Namun yang mempengaruhi kenyamanan bukan hanya hal tersebut. Selain eksterior dan interior, mesin mobil juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan sebuah mobil. Sehingga performa mesin pun patut dijadikan pertimbangan.

Tidak dipungkiri bahwa mesin yang dimiliki oleh Toyota Avanza dikenal sangat tangguh, awet dan hemat bahan bakar. Tidak hanya itu, biaya perawatannya pun terbilang cukup murah dan sparepart mudah ditemukan. Sehingga banyak orang yang ingin memiliki mobil ini.


Mesin

Jika dilihat dari performa mesinnya, Toyota New Avanza 2019 masih menggunakan mesin yang sama dengan Avanza tahun 2018. Mesin yang digunakan adalah seri 1NR-VE 1300cc untuk Avanza type 1.3G, 1.3 E dan 1.3 E STD, dan seri 2NR-VE 1500cc untuk Avanza type 1.5G. Untuk varian mesin 1300cc ini mampu menghasilkan tenaga 96,5 PS pada 6000 rpm dengan torsi maksimum 12,3 Kgm pada 4200 rpm. Sedangkan untuk varian mesin 1500cc mampu menghasilkan tenaga 104 PS pada 6000 rpm dengan torsi maksimum 13,9 Kgm pada 4200 rpm.

Dari sisi transmisi, mobil ini juga masih menerapkan sistem 4-speed Automatic dan 5-speed Manual seperti seri sebelumnya. Dan dari sistem penggeraknya pun masih menggunakan penggerak roda belakang.

Akselerasi, Top Speed dan Konsumsi BBM

Kami telah mengumpulkan beberapa data mengenai akselerasi, top speed dan konsumsi BBM dari dua varian mobil avanza ini. Tentunya hasil ini bisa berbeda-beda menyesuaikan kondisi jalan, kedataran jalan, jumlah penumpang dan irama antara pijakan pedal gas dengan pergantian gigi. Namun setidaknya ini bisa dijadikan sebagai acuan perkiraan yang mendekati akurat.

Pertama mengenai akselerasi, pangukuran dilakukan dari keadaan berhenti hingga mencapai kecepatan 100 km/jam. Avanza seri 1300cc mampu meraih kecepatan dari 0-100 km/jam dalam waktu 13 detik. Sedangkan untuk varian Avanza 1500cc mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 11,9 detik.

Yang kedua mengenai top speed atau kecepatan maksimum dari Toyota New Avanza. Untuk hal ini baik avanza 1300cc maupun avanza 1500cc nyaris tidak ada perbedaan. Kalaupun berbeda bisa dikatakan hanya memiliki diferensiasi yang sangat tipis. Kami telah memperoleh data mengenai top speed mobil ini dari beberapa sumber yang terpercaya. Untuk avanza seri 1300cc, kecepatan maksimum yang bisa dicapai sekitar 165 km/jam. Sedangkan untuk avanza seri 1500cc mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 170 km/jam.

Yang ketiga mengenai konsumsi BBM untuk perjalanan dalam kota, luar kota/tol maupun rute kombinasi. Disini kami asumsikan untuk type matik dan manual hanya memiliki perbedaan yang sangat tipis, sehingga kami bulatkan saja. Untuk avanza 1300cc, rute dalam kota sekitar 1:11, rute luar kota 1:15, rute kombinasi sekitar 1:14. Sedangkan untuk avanza 1500cc, rute dalam kota sekitar 1:10, rute luar kota sekitar 1:14, rute kombinasi sekitar 1:13.  Hasil pengukuran ini bisa berbeda-beda karena sangat banyak faktor yang mempengaruhi konsumsi BBM kendaraan.


Harga

Berikut merupakan daftar harga terbaru dari all variant Toyota New Avanza 2019.
  • Avanza 1.3E STD MT : Rp 188,6 juta
  • Avanza 1.3E MT : Rp 191,1 juta
  • Avanza 1.3E STD AT : Rp 199,8 juta
  • Avanza 1.3E AT : Rp 202,3 juta
  • Avanza 1.3G MT : Rp 208,95 juta
  • Avanza 1.3G AT : Rp 219,6 juta
  • Avanza Veloz 1.3 MT : Rp 215,6 juta
  • Avanza Veloz 1.3 AT : Rp 227,4 juta
  • Avanza 1.5G MT : Rp 221,2 juta
  • Avanza Veloz 1.5 MT : Rp 227,6 juta
  • Avanza Veloz 1.5 AT : Rp 239,4 juta
Note:
  • Harga di atas merupakan harga OTR jakarta
  • Untuk daerah lain kemungkinan ada perbedaan harga
  • Harga sewaktu-waktu bisa berubah sesuai kebijakan perusahaan 

Video Toyota Avanza 2019

Berikut ini kami sertakan video singkat mengenai Toyota Avanza 2019 yang kami ambil dari akun resmi Toyota Indonesia:

2 comments:

  1. Beneran, keren ni yg nulis, lengkap kap kap, ada akselerasi&top speed. Yg bahkan di youtube video yg berpuluh puluh menit ga ada info akselerasi&top speed nya. Smangatt penulis, jgn lupa toyota raize, top speed sama akselerasinya, hehe, kalo gabisa yaudah.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.