Header Ads

Nissan Terra 2019 - Spesifikasi, Akselerasi, Top Speed, Konsumsi BBM dan Harga

nissan-terra
Nissan Terra
AutoFlute | Mengulas Otomotif - Nissan Terra adalah mobil kelas SUV produk kebanggaan dari PT Nissan Motor Indonesia (NMI) yang sengaja dipersiapkan untuk melawan dominasi Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Dengan menggunakan basic platform Nissan Navara yang dikenal nyaman dan tangguh di segala medan, tentunya Nissan akan sangat percaya diri menerjunkan jagoannya ini ke dunia perang. Terlebih lagi Nissan Terra dibekali senjata andalan berupa mesin turbodiesel 4 silinder yang mampu menyemburkan tenaga 190 PS. Angka ini adalah yang terbesar dikelasnya. Sehingga bukan hal yang mustahil jika suatu saat nanti sang jagoan Nissan ini akan menjadi pemenang di laga pertempuran.

Nissan Terra mulai diperkenal pada event GIIAS 2018 pada bulan agustus 2018, kemudian mulai dipasarkan pada akhir tahun 2018. Nissan Terra dibanderol dengan harga mulai dari 460 jutaan dengan beberapa varian dan menggunakan sistem penggerak 4x2 dan 4x4. Ada beragam fitur unggulan yang disematkan pada Nissan Terra yang terangkum dalam teknologi Nissan Intelligent Mobility. Seperti Intelligent Rear View Mirror yang terintegrasi dengan cermin pada kabin agar memudahkan dalam melihat area di belakang mobil. Kemudian ada Intelligent Around View Monitor dengan Moving Object Detection untuk melihat posisi mobil dari sudut pandang atas, Blind Spot Warning, Lane Departure Warning, dan masih banyak lagi fitur canggih lainnya.


EKSTERIOR

eksterior-nissan-terra
Tampak Belakang Nissan Terra 2019
Desain eksterior Nissan Terra memang tampak sangat gagah dan tangguh, namun tetap nyaman dilihat. Lekukan dan garis body yang khas membuat mobil ini enak dilihat dari berbagai sudut pandang. Mobil ini juga memiliki ground clearance yang sangat tinggi yaitu mencapai 225 mm sehingga menjadikanya tetap nyaman dan aman untuk berkendara disegala medan. Berikut ini adalah ulasan mengenai tampilan eksterior Nissan Terra:

1. Roda

roda-nissan-terra
Roda Nissan Terra
Jari-jari dengan 6 bagian, aluminium-alloy dengan aksen warna hitam yang sporty. Ban Nissan Terra dirancang untuk dapat memberikan cengkraman yang baik saat berkendara di jalan yang kasar dan di medan off-road, dan juga memberikan kenyamanan yang optimal di jalan raya.

2. Headlamp

led headlamp nissan terra
LED Headlamp Nissan Terra
Lampu depan LED menghasilkan sinar yang lebih terang dan lebih luas untuk meningkatkan visibilitas. Didukung dengan desain lampu yang futuristik menjadikan Nissan Terra tampak menonjol dijalanan.

3. Gril

Nissan Terra V-Motion Grille
Gril khas Nissan dengan desain V-Motion yang disematkan pada Nissan Terra diberi tampilan yang lebih berotot, sehingga menambah kesan gagah dan tangguh pada mobil ini secara keseluruhan.

4. Pijakan Kaki

Pijakan Kaki (Running Boards) Nissan Terra
Dengan ground clearance yang tinggi maka diperlukan pijakan kaki untuk memudahkan saat akan memasuki kendaraan dan memberikan langkah ekstra ketika hendak memuat barang di rak atap. Namun tidak hanya sekedar pijakan kaki, desainnya yang menawan juga tentu akan menambah tampilan off-road kendaraan sehingga tampak lebih kece.

INTERIOR

interior nissan terra
Interior Nissan Terra
Nissan Terra memiliki dimensi yang sedikit lebih besar dari kedua rivalnya, Pajero dan Fortuner. Sehingga untuk urusan kelegaan kabin, bisa dibilang mobil ini lebih unggul. Dari posisi duduk untuk pengendara, memang diakui mobil ini sangat cocok untuk dikendarai di medan offroad dan cukup nyaman. Dan dengan dimensi besar yang dimilikinya, penumpang dengan postur tubuh 170 cm pun head room SUV ini masih tersisa banyak. Namun untuk baris ketiga terasa sempit, ruang kaki sangat terbatas. Hal ini dikarenakan baris ketiga memang sebenarnya diperuntukkan untuk ruang bagasi. Namun untuk penumpang dengan postur yang kecil tidak ada masalah dengan ruang baris ketiga ini.

Nissan Terra memiliki banyak fitur canggih yang disematkan pada bagian interior ini. Beberapa diantaranya bahkan tidak ditemukan pada rivalnya yang lain. Fitur-fitur ini terangkum dalam teknologi Nissan Jepang yang dikenal dengan istilah Nissan Intelligent Mobility. Berikut ini beberapa ulasan mengenai interior Nissan Terra:

1. Pemindah Gigi (Gear Shifter)

nissan terra gear shifter
Gear Shifter Nissan Terra
Shifter berbalut kulit dirancang secara ergonomis untuk genggaman intuitif dan dihiasi dengan fitur Piano Black dan aksen krom untuk sentuhan elegan dan sporty.

2. Konsol Pusat

screen-nissan-terra
Konsol tengah Nissan Terra
Pada dasbor terdapat sebuah layar sentuh 7 inci di tengah yang didesain dengan aksen Piano Black dan Silver, tata letaknya cukup rapi, terintegrasi, dan desain tombolnya juga nyaman disentuh. Sistem entertainment 2DIN pada layar sentuh yang dapat menampilkan beberapa menu penunjang hiburan, seperti radio AM/FM, DVD Player, HDMI, remote control, bluetooth, AUX, sistem navigasi, serta fitur konektivitas.

3. Zero Gravity Seats

zero gravity seats
Zero Gravity Seats
Kursi berbalut kulit terlihat sangat elegan dan Nissan Terra telah mengusung konsep Zero Gravity Seats menjadikannya lebih nyaman dan membantu mengurangi rasa lelah saat melakukan perjalanan jauh. Dan tersedia pula sandaran tangan yang bisa dilipat saat tidak digunakan, serta terdapat tempat untuk menaruh gelas minuman pada kursi baris kedua.

4. Kursi Lipat

kursi lipat nissan terra
Pelipatan Kursi Baris Kedua
Kursi baris kedua mudah dilipat untuk memudahkan penumpang masuk ke kursi baris ketiga. Pelipatan kursi baris kedua dengan susunan sliding 60/40, sedangkan untuk pelipatan kursi baris ketiga dengan susunan sliding 50/50. Dan untuk melipat kursi baris kedua ini sangat mudah, karena Nissan Terra telah menyediakan tombol untuk mengatur kursi baris kedua. Sehingga Anda tidak perlu lagi turun dari kursi kemudi untuk melipat kursi baris kedua, karena sekarang semakin mudah dengan hanya menekan satu tombol saja. Kursi baris kedua dan ketiga juga mudah digeser-geser untuk mendapatkan posisi duduk yang senyaman mungkin.

5. Intelligent Rear View Mirror

intelligent rear view mirror
Intelligent Rear View Mirror
Intelligent Rear View Mirror merupakan fitur kamera belakang yang terintegrasi dengan rear view mirror untuk memberikan visibilitas area belakang mobil dengan lebih jelas. Ketika fitur ini tidak diaktifkan maka cermin akan berfungsi seperti biasa. Namun ketika fitur diaktifkan maka sebuah kamera yang terpasang di belakang mobil akan aktif dan cermin seketika berubah menjadi display untuk menampilkan area belakang yang tertangkap kamera.

6. Intelligent Around View Monitor

intelligent around view monitor
Intelligent Around View Monitor - Nissan Terra
Ini adalah salah satu fitur yang sangat canggih dari teknologi Nissan Intelligent Mobility. Ada 4 kamera pada setiap sisi Nissan Terra yang kemudian hasil tangkapan kamera tersebut diolah dengan teknologi sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah tampilan obyek dari atas. Ditambah dengan mode split-screen untuk melihat bagian depan, belakang, serta samping sehingga parkir akan semakin mudah. Bahkan fitur ini juga mampu memberitahu ketika ada obyek bergerak di sekitar kendaraan.

7. Blind Spot Warning

Ini adalah sebuah fitur keamanan untuk menjaga pengendara dari titik blind spot mobil. Ketika ada kendaraan lain yang datang pada titik blind spot, fitur ini akan mengaktifkan peringatan sehingga berkendara semakin aman dan makin percaya diri ketika hendak berpindah jalur.

8. Lane Departure Warning

Fitur ini akan mengaktifkan peringatan ketika mobil secara tidak sengaja keluar dari jalur atau marka jalan.

9. Advanced Drive-Assist Display

advanced drive assist display
Advanced Drive-Assist Display - Nissan Terra
Nissan Intelligent Mobility juga menghadirkan fitur Advanced Drive-Assist Display yang dapat memberikan banyak informasi penting bagi pengendara, yaitu:
  • Efisiensi bahan bakar (dalam km/l)
  • Driving Aids, dengan menampilkan area Blind Spot Warning pada layar
  • Memonitor tekanan angin pada setiap ban kendaraan
  • Inclinometer, yaitu untuk melihat posisi/sudut kemiringan mobil di jalan dengan akurat
  • Untuk melihat distribusi tenaga dan torsi dari mesin ke setiap roda depan dan belakang, serta untuk menampilkan sudut kemudi untuk secara akurat meletakkan posisi roda

FITUR KESELAMATAN

Nissan Terra juga memiliki fitur keselamatan yang lengkap, antara lain adalah:
  • Nissan's Advanced Airbag System, kantong udara terdapat pada bagian kemudi dan penumpang depan, serta pada seluruh bagian samping kendaraan hingga ke baris belakang.
  • Anti-Lock Braking System (ABS), untuk mencegah terjadinya penguncian ban agar tidak slip ketika melakukan pengereman mendadak
  • Brake-Assist/Electronic Brake Force Distribution (EBD), untuk memberi tenaga tambahan pada rem bagian belakang saat ada beban ekstra dibelakang mobil
  • 4-Wheel Active Brake Limited Slip (ABLS), fitur ini secara otomatis akan mengaktifkan rem pada salah satu roda yang tergelincir sekaligus mengalihkan tenaga mesin ke roda yang lain
  • Vehicle Dynamic Control (VDC), untuk mencegah kendaraan menuju kearah yang tidak diinginkan ketika melaju pada tikungan tajam yang licin
  • Zone Body Construction, konstruksi rangka kabin yang canggih yang mampu meredam benturan dan memberi perlindungan ekstra pada penumpang
  • Sistem monitor tekanan ban
  • Hill Start Assis (HSA), untuk mencegah mobil mundur ke belakang saat akan mulai berakselerasi dalam kondisi macet ditanjakan
  • Hill Descent Control (HDC), untuk mengendalikan kecepatan dijalanan menurun dengan mengatur akselerasi dan tekanan rem secara otomatis
  • Immobilizer
  • Rear Parking Sensor

SPESIFIKASI NISSAN TERRA

1. Mesin

  • Tipe mesin: YD25DDTi Common Rail Turbo Diesel 4 Cylinders Inline
  • Kapasitas mesin: 2488 cc
  • Jenis BBM: Solar
  • Transmisi: 6 M/T (manual), 7 A/T with manual mode (otomatis)
  • Tenaga maksimum: 190/3600 PS/rpm
  • Torsi maksimum: 450/2000 Nm/rpm 
  • Rasio kompresi: 15,0 : 1
  • Bore x Stroke: 89,0 x 100,0

2. Dimensi:

  • Radius putar minimum: 5,7 m
  • Kapasitas BBM: 78 liter
  • Ground Clearance: 225 mm 

3. Ban dan Roda:

  • Ukuran ban: 255/60-R18
  • Roda: 18" Alloy 

4. Kemudi:

  • Jenis kemudi: Rack & Pinion 

5. Rem:

  • Rem depan: Ventilated Disc
  • Rem belakang: Drum Brake 

6. Suspensi:

  • Suspensi depan: Double Wishbone with FR Stabilizer
  • Suspensi belakang: Multi-Link (5-Link) with RR Stabilizer 

Baca juga: Toyota All New Fortuner 2019 - Spesifikasi, Performa, Fitur, Konsumsi BBM & Harga

PERFORMA NISSAN TERRA 

  • Akselerasi: 0 - 100 km/jam ditempuh dalam waktu 9,5 detik
  • Top Speed / Kecepatan Maksimum: ±200 km/jam (estimated)
  • Konsumsi BBM: rute dalam kota 10 km/l, rute kombinasi 12 km/l dan rute luar kota 14 km/l (estimated)

HARGA

  • 2.5L M/T (4x2): Rp 467.000.000
  • 2.5L E A/T (4x2): Rp 493.000.000
  • 2.5L VL A/T (4x2): Rp 524.000.000
  • 2.5L VL A/T (4x4): Rp 665.000.000
Note:
  • Harga di atas merupakan harga OTR Jabodetabek
  • Harga sewaktu-waktu dapat berubah
  • Untuk wilayah / daerah lain kemungkinan terdapat perbedaan harga

1 comment:

Powered by Blogger.