Header Ads

Pengertian dan Cara Kerja HSA (Hill-Start Assist)

AutoFlute | Mengulas Otomotif - Di era modern saat ini para enginer dunia selalu berlomba-lomba untuk menciptakan berbagai inovasi teknologi yang serba canggih. Kita tentunya bisa merasakan begitu pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Sebagai contoh, teknologi elektronik semisal gadget dan televisi tidak butuh waktu lama untuk melakukan penyempurnaan teknologi yang sangat drastis. Bahkan saking pesatnya inovasi teknologi ini sampai membuat kita menganggap produk 10 tahun yang lalu saja sudah serasa produk yang sangat jadul.

Demikian pula halnya yang terjadi di dunia teknologi otomotif saat ini. Pabrikan mobil pun selalu berlomba-lomba untuk menciptakan fitur baru yang canggih. Tak heran jika produk otomotif terkini selalu dilengkapi dengan segudang fitur yang memanjakan. Bahkan Anda tidak perlu membeli mobil mahal untuk mendapatkan beragam fitur. Karena mobil murah pun saat ini memiliki banyak fitur yang terbilang cukup lengkap jika dibandingkan dengan produk otomotif terdahulu. Semua ini dilakukan semata-mata demi memperoleh kemudahan hidup.


Salah satu fitur penting dalam dunia otomotif yang akan kita bahas kali ini adalah fitur HSA (Hill-Start Assist). Namun ada pula yang menyebutnya dengan nama HSC (Hill-Start Assist Control). HSA adalah sebuah fitur keamanan yang diterapkan pada sistem pengereman mobil yang dapat mempermudah pengendara ketika berada dalam kondisi macet di medan tanjakan. Penerapannya yaitu dengan memainkan rem secara otomatis untuk mencegah mobil mundur ke belakang ketika kaki pengendara berpidah posisi dari pedal rem ke pedal gas. Dengan begitu maka mobil dapat dengan mudah melaju ke depan tanpa harus kuatir mundur ke belakang meskipun berada di tanjakan yang curam.
 
penerapan hill-start assist pada mobil
Penerapan Hill-Start Assist pada mobil
Lantas bagaimana sistem ini bisa bekerja? Cara kerja dari sistem HSA adalah dengan menggunakan sistem komputerisasi yang canggih untuk mengukur kemiringan body mobil saat macet di tanjakan. Setelah itu dalam kondisi kemiringan yang terdeteksi maka sistem akan siaga menunggu pengendara melepaskan pedal rem. Ketika pedal rem dilepas, sistem dengan sigap mengaktifkan rem secara otomatis untuk mencegah mobil mundur ke belakang. Dan ketika pengendara telah menginjak pedal gas maka sistem secara otomatis akan melepaskan rem. Biasanya selang waktu maksimal yang diberikan sistem HSA untuk mengaktifkan rem secara otomatis adalah sekitar 2-3 detik.

Sekian pembahasan singkat mengenai sistem HSA (Hill-Start Assist) yang dapat kami sampaikan. Jika artikel ini membantu, silakan untuk di share dan semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. vrz trd 2019 . Ada fitur HSA ny ya .

    ReplyDelete
  2. mantab bang, kunjungi juga blog ane ya di fajardwi26.blogspot.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.