Header Ads

Honda Civic 2019 - Spesifikasi, Performa, Konsumsi BBM dan Harga Terbaru

honda-civic
Honda All New Civic 2019
AutoFlute | Mengulas Otomotif - Honda Civic adalah salah satu produk Honda kelas menengah ke atas yang terbilang sukses dipasaran. Terbukti sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1972 hingga kini Honda Civic tetap eksis dan telah mengalami serangkaian inovasi. Saat ini adalah generasi kesepuluh Honda Civic. Hal ini menjadi pertanda bahwa mobil ini masih sangat diminati konsumen.


EKSTERIOR

Kesan pertama yang dirasakan ketika melihat Honda Civic adalah desain yang terlihat sporty, elegan dan aerodinamis. Honda nampaknya sengaja mendesain mobil ini untuk diarahkan pada kaum muda atau para remaja yang mengidolakan mobil dengan performa kuat dan kencang. Berikut ini beberapa detail eksterior Honda Civic yang membuat mobil ini semakin menawan:

1. Full LED Headlight with LED Daytime Running Light

lampu depan honda civic

2. New LED Fog Light with Chrome Garnish

fog lamp honda civic

3. Rear Combi Lamp with LED Light Bars

lampu belakang honda civic

4. Shark Fin Antenna

antena honda civic

5. 17" Alloy Wheels Design

velg honda civic

INTERIOR

Ketika masuk ke dalam kabin, kesan sporty pun masih begitu kental ketika melihat jok bermotif kotak-kotak di beberapa bagian. Dan kini penumpang depan dapat menikmati jok elektrik dengan empat macam pengaturan. Sedangkan di bagian pengemudi, sistem jok elektrik lebih lengkap dengan delapan pengaturan. Spion tengah pun telah memiliki fasilitas auto dimming yang secara otomatis akan meredupkan pantulan cahaya berlebih dari luar. Berikut ini beberapa bagian fitur interior unggulan yang menambah kenyamanan mobil ini:

1. Dual Pinion EPS

Fitur ini memberikan respon tinggi dan akurasi pengendalian yang optimal untuk pengalaman berkendara yang lebih halus dan minim getaran.

kemudi honda civic

2. Paddle Shift

Memindahkan gigi kini terasa sangat mudah, hanya dengan sentuhan jari dari setang kemudi layaknya mengemudikan mobil balap Formula 1.

3. ECON Mode

ECON Mode merupakan teknologi pintar untuk mengubah sistem pengendaraan secara otomatis ke mode ekonomi untuk mencapai efisiensi bahan bakar yang maksimal.

econ mode honda civic

4. Cruise Control

Fitur Cruise Control ini berwujud tombol yang terletak pada setang kemudi. Fitur ini berguna untuk mengatur kecepatan mobil agar tetap stabil tanpa membutuhkan pijakan pedal gas. Sehingga memungkinkan mobil untuk tetap melaju dengan kecepatan konstan meskipun kaki tidak menginjak pedal gas. 

5. CVT with Earth Dreams Technology

Transmisi CVT with Earth Dreams Technology untuk perpindahan transmisi yang lebih halus, performa mesin yang maksimal serta dengan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

6. ECO Assist TM

ECO Assist berfungsi sebagai indikator bagi pengemudi mengenai efisiensi penggunaan bahan bakar saat mengemudikan kendaraan. Indikator akan menampilkan warna yang akan berubah menjadi hijau sebagai tanda penggunaan bahan bakar yang efisien saat berkendara.

7. Remote Engine Start

Remote yang berfungsi untuk mengunci dan membuka pintu dan bagasi sekaligus menyalakan mesin dan mengaktifkan AC secara otomatis dari luar kendaraan sehingga kabin sejuk saat Anda masuk.

8. Smart Entry System

Teknologi yang memberikan kemudahan untuk membuka kunci pintu, yaitu cukup dengan menyentuh handle pintu maka kunci akan segera terbuka secara otomatis.

9. Tweeter Speakers

Tweeter Speakers menambah kenyamanan Anda di dalam kabin untuk mendengarkan musik dengan kualitas suara yang lebih jernih.

10. 7" Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio

Sistem audio video touchscreen 7 inci dengan layar kapasitif yang sangat sensitif.

SPESIFIKASI TEKNIS

Dari sisi mesin, Honda Civic 2019 masih menggunakan dapur pacu andalannya, yakni dengan mesin kapasitas 1500cc, 4 silinder, i-VTEC Turbo bertenaga 173 PS dengan torsi maksimum 220 Nm. Mesin ini mampu memberikan sensasi berkendara yang sangat responsif dengan akselerasi yang mumpuni. Berikut ini adalah detail spesifikasi teknis Honda Civic 2019:
  • Mesin tipe 4 silinder segaris 16 katup, VTEC Turbo DOHC, Drive By Wire (DBW)
  • Kapasitas 1498 cc
  • Suplai bahan bakar PGM FI - Direct Injection
  • Bore x stroke 73 mm x 86,5 mm
  • Rasio Kompresi 10,6 : 1
  • Tenaga maksimum 173 PS / 5.500 rpm
  • Torsi maksimum 220 Nm / 1.700 rpm
  • Transmisi CVT with Earth Dreams Technology 5 percepatan


FITUR KESELAMATAN

Honda Civic memiliki fitur-fitur keamanan dan keselamatan yang terbilang lengkap. Terbukti dengan peringkat bintang 5 yang diraih mobil ini dari lembaga uji tabrak NCAP serta IIHS TOP SAFETY PICK. Tanpa berpanjang lebar langsung saja kita menilik fitur-fitur keamanan yang dimiliki oleh mobil ini, antara lain adalah:

1. Brake Override System

Teknologi pengereman pintar yang membantu memprioritaskan pengereman saat pedal gas dan rem terinjak secara bersamaan.

2. Hill Start Assist

Memberikan kemudahan akselerasi saat kondisi stop and go pada kondisi jalan menanjak.


3. Electric Parking Brake & Auto Brake Hold

Electric Parking Brake membantu pengereman parkir hanya dengan satu sentuhan. Auto Brake Hold membantu menahan rem pada saat kondisi macet, pada tanjakan dan turunan.

4. ISOFIX & Tether

ISO Fix (International Standards Organization FIX) sebagai fitur yang berfungsi untuk mengikat kursi bayi pada bangku belakang kendaraan.

5. Emergency Stop Signal

Ketika terjadi pengereman mendadak, lampu hazard otomatis berkedip dalam interval pendek, memperingatkan kendaraan lain di belakangnya untuk mencegah terjadinya tabrakan beruntun.

6. G-CON+ACE TM with Side Impact Beam

Struktur rangka mobil G-CON meredam dan menyalurkan energi benturan bila terjadi tabrakan yang tidak dapat dihindari. Struktur ACE TM melindungi kabin penumpang ketika bertabrakan dengan kendaraan yang berbeda ukuran. Side Impact Beam meredam benturan saat terkena tabrakan dari samping. Honda Civic telah melalui proses uji tabrak menyeluruh di Honda Real World Crash Test Facility, Tochigi-Jepang dan telah meraih predikat bintang 5 dari ASEAN NCAP.

7. 6 Airbags

6 Airbags terdiri dari Dual Front SRS Airbags, Side Airbags serta Side Curtain Airbags.

8. ABS, EBD & BA

ABS mencegah penguncian roda pada saat pengereman mendadak. EBD berfungsi mendistribusikan daya pengereman sesuai beban kendaraan. Brake Assist untuk pengereman yang lebih efektif.

9. Vehicle Stability Assist / Vehicle Stability Control (VSC)

Vehicle Stability Assist untuk mencegah gejala oversteer dan undesteer.

Baca juga: Mengenal Fitur Vehicle Stability Control (VSC) pada Kendaraan

AKSELERASI, TOP SPEED & KONSUMSI BBM

Honda Civic dibekali mesin berkapasitas 1.498 cc, 4 silinder, dengan TURBO bertenaga 173 PS dengan torsi 220 Nm. Melihat spek mesin yang digunakan, jika berbicara tentang performa tentu tidak bisa dianggap remeh. Mobil ini mampu berakselerasi dengan sangat sigap dan juga memiliki kecepatan maksimum yang cukup tinggi. Kendati demikian, mobil ini tetap mampu memberikan efisiensi dalam konsumsi BBM yang cukup irit.

Yang pertama mengenai akselerasi dan kecepatan maksimum / top speed. Meskipun mobil ini menggunakan transmisi CVT namun ternyata mampu memberikan sensasi berkendara yang sangat sigap dan responsif. Terbukti Honda Civic mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 8 detik. Dan kecepatan maksimum yang mampu dicapai Honda Civic juga tidak main-main. Mobil ini mampu melesat hingga kecepatan maksimum 200 km/jam.

Kemudian pengujian mengenai konsumsi BBM. Mobil ini menggunakan transmisi CVT dan dipadukan dengan adanya fitur ECON yang berfungsi untuk menjaga putaran mesin dalam rpm rendah selama mungkin. Tentunya hal ini sangat menunjang untuk efisiensi penggunaan BBM. Terbukti dengan hasil uji efisiensi mobil ini, untuk rute dalam kota mampu mencapai 13 km/l, sedangkan untuk rute luar kota hingga 18-20 km/l. Hasil ini bisa berbeda-beda bergantung pada kondisi jalan dan bobot muatan.


HARGA

New Honda Civic 1,5L VTEC Turbo: IDR 507 juta.

Note:
  • Data mengenai harga mobil ini kami dapatkan dari web honda-indonesia.
  • Harga di atas merupakan harga OTR jakarta
  • Untuk daerah lain kemungkinan ada perbedaan harga
  • Harga sewaktu-waktu bisa berubah sesuai kebijakan perusahaan 

No comments

Powered by Blogger.